Thursday, July 1, 2010

trimester ke -3

hari ni genap 28 minggu aku pregnant dan ini bermakna aku telah melangkah ke trimester ke-3 dalam proses mengandung...anything bout trimester ke-3 ni??? jom kite buat rujukan di tenet...

Minggu ke 28-32

Apa yang terjadi pada janin:
Di minggu ini, berat janin sudah mencapai sekitar 1.2 kg dengan panjang tubuh sekitar 36,5 cm (dari kepala sampai tumit). Janin sudah dapat mengedipkan matanya. Seiring dengan perkembangan visualnya, janin sudah dapat melihat cahaya yang berasal dari luar rahim.

Di otaknya kini juga berkembang jutaan sel saraf (neuron), dan lemak tubuhnya semakin bertambah banyak (sebagai persiapan kehidupannya diluar rahim nanti).

Apa yang terjadi pada ibu:
Trimester ketiga dan terakhir baru saja dimulai. Jika Anda seperti kebanyakan ibu hamil lainnya, berat badan Anda mungkin sudah bertambah 5 kg sekarang.

Saat ini, Anda akan dijadwalkan berkunjung ke dokter setiap 2 minggu sekali.
Dan nanti, kalau sudah menginjak usia kehamilan 36 minggu, akan menjadi seminggu sekali. Selama periode ini, beberapa ibu hamil akan merasakan sensasi ’berat melangkah’, ini karena di kaki bagian bawah terasa berat untuk digerakkan. Jika sensasi ini kadang-kadang muncul jika Anda menggerakkan kaki, Anda mungkin mengalami apa yang disebut dengan ’restless legs syndrome’ (sindrom kaki loyo). Belum ada penelitian yang dapat memberitahu apa penyebab sindroma ini. Mengatasinya, cobalah rentangkan dan lakukan urut/pijatan di bagian itu, dan stop minum kopi yang dapat membuat keluhan memberat. Coba juga meminta resep suplemen pada dokter Anda untuk meringankan keluhan ini.

Minggu ini mengapa tidak …

Mulai memilih dokter anak untuk bayi.

Beberapa ibu amat memedulikan reputasi dokter tertentu, karena memang ingin yang terbaik untuk bayinya. Mencari dan memilih dokter dapat Anda lakukan dengan banyak bertanya ke teman, sahabat, kerabat, tetangga atau langsung ke dokter kandungan Anda. Pastikan dokter yang Anda pilih itu berpraktik tidak terlalu jauh dari rumah Anda.  

Tahukah Anda?
Sel-sel otak janin terbentuk selama ia berada di kandungan, dan saat janin lahir, sel-sel itu saling terkoneksi lewat stimulasi visual, motorik, bahasa dan sosial. Semakin banyak koneksi ini tersambung, bayi akan semakin belajar dan mengembangkan kemampuan kognitif dan daya ingatnya (memori). 

dan ini gambar janin minggu ke 28-32
adakah baby mama begini sekarang?? indahnya ciptaan Tuhan..

pesanan kepada en hubby tersyg
  1. bersedia sudahkah anda??
  2. prepare la ape yg ptt ek...anything boleh terjadi dh sekarang...
  3. jgn tinggal daku keseorangan..hehe
  4. klau bole setiap saat nk bersama...(ayat mengada) 
.

3 komen:

miss ahjumma said...

kalo kat opis..kak t pun ade kalo ade emergency..hikhik...

babysyahirah said...

itu sudah pasti...

kerengge said...

memg mengada...